loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Senin, 18 Apr 2022

Agen Perubahan, Putra Ingin Mahasiswa Jadi Perisai Pancasila

"Mahasiswa adalah garda terdepan yang harus selalu menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila agar tidak pudar."
Agen Perubahan, Putra Ingin Mahasiswa Jadi Perisai Pancasila Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan.

Jakarta, Gesuri.id -  Anggota DPR RI Komisi 10 Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan mengatakan mahasiswa adalah agen perubahan (agent of change) yang dapat menjadi perisai dan memfiltrasi berbagai unsur dan ancaman dari luar maupun pihak-pihak yang ingin mengusik nilai-nilai dasar negara Pancasila, bahkan mencoba menggantinya dengan ideologi lain.

Sebab, lanjut Putra, mahasiswa adalah garda terdepan yang harus selalu menjaga keutuhan nilai-nilai Pancasila agar tidak pudar.

"Dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara sebagai generasi muda juga harus paham Pancasila sebagai kekuatan mempersatukan bangsa," ungkap Putra dalam Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama mahasiswa dari berbagai kampus di Jakarta Timur yang hadir di Rumah Aspirasi Putra Nababan di Matraman, Jakarta Timur, Jumat (15/4).

Menurut Putra, bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki keragaman suku, agama, ras, kelompok maupun budaya di dalamnya. Karena itulah, ujarnya, dibutuhkan pondasi yang kuat untuk menyatukan keberagaman tersebut dalam bingkai Pancasila.

Mantan Pemred TV berita itu menjelaskan Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila menjadi falsafah dan ideologi bangsa yang harus dihormati dan dijunjung tinggi oleh seluruh rakyatnya.

Karena, Putra menekankan bangsa Indonesia adalah sebuah komitmen dan kesepakatan dari para bapak pendiri bangsa yang terdiri atas berbagai etnik dan pemeluk agama yang tersusun menjadi satu kesatuan.

"Generasi muda diharapkan mampu melestarikan budaya yang telah menjadi karakter bangsa. Budaya gotong royong adalah salah satunya," tandas Putra.

Untuk itu, Politisi PDI Perjuangan dapil Jakarta Timur itu mengingatkan mahasiswa harus dapat menerapkan dan menjalankan Pancasila sebagai pedoman hidup di dalam masyarakat dan lingkungan kehidupan akademiknya.

"Mahasiswa juga diharapkan tetap terus melatih dirinya menjadi pribadi-pribadi yang memiliki intelektual luas, kreatif, percaya diri, inovatif, dan memiliki hubungan sosial yang baik dan semangat tinggi untuk berkontribusi dalam masyarakat, bangsa dan negara," ungkapnya.

Sumber: Gesuri.id

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote