loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Sabtu, 30 Apr 2022

Cipta Insan Cinta Budaya, Putra: Guru Berperan Sentral

"Kontribusi guru membentuk karakter kepribadian siswa dalam cinta budaya sangat berpengaruh melahirkan generasi muda yang cinta budaya."
Cipta Insan Cinta Budaya, Putra: Guru Berperan Sentral Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama dengan guru-guru Jakarta Timur di Rumah Aspirasi, Mataram Jakarta Timur, Sabtu (30/4). (gesuri.id/Elva Nurrul Prastiwi)

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan mengatakan tenaga pendidik merupakan sokoguru yang memiliki peran sentral dalam menciptakan dan membangun generasi muda menjadi insan yang berkarakter, khususnya mencintai budaya bangsa dan negaranya sendiri.

Untuk itu, para guru merupakan suri teladan yang tak hanya bagi siswa-siswanya melainkan juga berdampak hingga seluruh rakyat Indonesia, bagaimana menjaga serta melestarikan budaya bangsa agar tak akan pernah punah tergerus dampak penetrasi budaya luar di segala zaman.

"Kontribusi bapak ibu guru di sekolah dalam membentuk karakter kepribadian siswa dalam cinta budaya ini sangat berpengaruh melahirkan generasi muda yang cinta budaya," kata Politisi PDI Perjuangan dapil Jakarta Timur itu, saat Sosialisasi 4 Pilar MPR RI bersama dengan guru-guru Jakarta Timur di Rumah Aspirasi, Mataram Jakarta Timur, Sabtu (30/4).

Putra mengungkapkan kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia merupakan jati diri dan identitas yang harus terus dilestarikan.

Apalagi, lanjutnya, di tengah era globalisasi seperti sekarang ini dimana seluruh rakyat Indonesia wajib menjaga serta melestarikan budaya aslinya. 

Dengan demikian, ujar Mantan Pemred TV berita itu, agar tidak punah ditelan zaman ataupun tersisihkan akibat masuknya budaya dari negara asing.

"Saya juga fokus ke budaya. Kalau bapak ibu lihat di konten-konten media sosial saat ini, berapa banyak yang melibatkan dari kultur kita? bukan hanya dari pakaian dan lain-lain," ungkap Putra. 

Putra mengingatkan tugas menjaga dan melestarikan budaya merupakan kewajiban seluruh warga negara Indonesia tanpa terkecuali.
 
Utamanya, ia menambahkan selain keluarga, sekolah juga menjadi faktor esensial dalam mengajar dan mendidik para siswanya agar memahami dan mendalami hingga kelak memiliki karakter berkepribadian dalam kebudayaan.

Sumber: Gesuri.id

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote