loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Selasa, 27 Sep 2022

Putra Dorong Batam Fokus ke Wisata MICE Plus

Menurut Putra, ini waktu yang tepat bagi Batam untuk me-reset dan me-restart kepariwisataannya pasca pandemi ini.
Putra Dorong Batam Fokus ke Wisata MICE Plus Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan.

BatamNow.com, Jakarta – Wisata MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) serta Wellness, dinilai cocok dikembangkan di Batam, Kepulauan Riau, mengingat lokasinya yang sangat strategis dan berdekatan dengan negara tetangga.

“Kalau hanya sekadar wisata pantai dan laut, banyak daerah di Indonesia juga memiliki. Karena itu, perlu ada terobosan yang dilakukan guna memastikan wisata di Batam take off pasca pandemi Covid-19,” kata Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan, melalui sambungan telepon kepada BatamNow.com, di Jakarta, Selasa (27/09/2022).

Politisi PDI-Perjuangan ini menambahkan, pengembangan wisata di Batam harus fokus, sehingga akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

“Sangat pas, acara-acara eksebisi atau pertemuan-pertemuan dilakukan di Batam. Mungkin bisa dilakukan dengan latar belakang pemandangan laut. Penataan lokasi wisata juga akan lebih terarah bila ada suatu jenis pariwisata yang difokuskan,” terang Anggota DPR RI Fraksi PDI-Perjuangan dapil DKI Jakarta 1 ini lagi.

Kunjungan Komisi X DPR RI ke Batam. (F: Dok. DPR RI)

Menurutnya, ini waktu yang tepat bagi Batam untuk me-reset dan me-restart kepariwisataannya pasca pandemi ini. “Batam cocok dijadikan tempat-tempat pertemuan kalangan pebisnis, menggelar event-event kelas dunia, dan dijadikan sebagai pusat digital. Posisi Batam yang strategis memungkinkan hal tersebut,” kata mantan penyiar berita dan pemimpin redaksi di salah satu televisi nasional ini.

Meski begitu, semua berpulang pada bagaimana komitmen para stakeholders di Batam. Intinya, kata Putra, ada cukup banyak peluang yang bisa dimanfaatkan oleh Batam dan Kepri pada umumnya.

“Tidak perlu ikut-ikutan dengan wisata daerah lain. Batam harus punya ciri khas wisata sendiri yang tak kalah dibanding daerah lain,” usul Putra yang bersama Komisi X DPR RI, baru-baru ini mengadakan kunjungan kerja ke Batam.

Saat ini, lanjutnya, guna mendukung kebangkitan pariwisata di Batam dan Kepri, Komisi X DPR RI tengah mendorong pemerintah pusat memberikan kemudahan terkait visa on arrival (VoA). “Kita akan coba komunikasikan ke Kementerian Hukum dan HAM agar pengenaan biaya VoA tidak terlalu tinggi,” tukasnya.

Demikian juga, Komisi X DPR RI akan coba berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar biaya feri di Batam dan Kepri bisa ditekan, sehingga semakin banyak wisatawan masuk ke daerah tersebut.

“Diharapkan dengan semakin murahnya biaya VoA dan feri, maka akan semakin banyak wisatawan masuk ke Batam dan Kepri. Tentunya ini akan mendongkrak perekonomian lokal serta secara nasional,” pungkas Putra.

Sumber: Batamnow

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote