loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Selasa, 13 Des 2022

Toleransi Kian Terkikis, Putra: Pancasila Landasan Hidup

Putra: Junjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal dengan menjadikannya landasan berpikir dan bertindak.
Toleransi Kian Terkikis, Putra: Pancasila Landasan Hidup Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan dalam Sosisalisasi 4 Pilar MPRI RI di Matraman, Jakarta Timur, Senin (12/12). (gesuri.id/Elva Nurrul Prastiwi)

Jakarta, Gesuri.id - Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Putra Nababan mengingatkan nilai toleransi yang kian terkikis di zaman yang semakin modern saat ini hanya dapat ditangkal dan direduksi dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan dalam berpikir dan bertindak, serta tetap memegang teguh gotong-royong yang merupakan akar dan tuntunan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.

"Junjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal dengan menjadikannya landasan berpikir dan bertindak," ungkap Putra dalam Sosisalisasi 4 Pilar MPRI RI di Matraman, Jakarta Timur, Senin (12/12).

Untuk itu, lanjutnya, sebagai Warga Negara Indonesia yang baik diwajibkan untuk memiliki sikap yang menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
"Dalam kehidupan beragama kita sudah diwarisi oleh nenek moyang kita sebagai manusia yang toleran. Menyadari bahwa setiap kita merupakan bagian dari negara majemuk, multikulturalis, sekaligus demokratis," ungkap mantan pemred berita TV nasional itu.

Menurut Politisi muda PDI Perjuangan itu, Indonesia merupakan negara multikultural yang menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, sebab Indonesia adalah bangsa yang multikultural dengan banyak suku, ras, bahasa dan agama. 

"Namun saat kita memasuki zaman yang lebih modern, nilai toleransi menjadi semakin terkikis," tandasnya.

Putra menekankan dengan keragaman tersebut justru menjadi modal dasar semua orang Indonesia agar semakin memiliki sikap toleransi. 

Meski, Putra menambahkan tidak dapat dipungkiri bahwa perbedaan tersebut tak jarang menimbulkan gesekan di lingkungan masyarakat.

Putra mencontohkan setiap individu harus memiliki tanggung jawab yang meliputi hak dan kewajiban dalam lingkungan baik dalam keluarga maupun lingkungan masyarakat, lingkungan kerja dan kampus yang berlandaskan pada nilai-nilai kebangsaan, yakni Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Sumber: Gesuri.id

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote