loader

Please Wait ...

Ali Imron Hamid
| Sabtu, 18 Jul 2020

Sadar Wisata Masyarakat Muara Gembong Perlu Ditingkatkan

Putra memberikan catatan, kesadaran wisata dan komitmen masyarakat Muara Gembong dalam menjaga potensi wisata dan daerahnya perlu ditingkatkan.
Sadar Wisata Masyarakat Muara Gembong Perlu Ditingkatkan Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan. Foto: Sofyan/sf

Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan mengapresiasi inisiatif masyarakat Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan potensi pariwisata daerahnya. Menurutnya, dengan berbagai potensi wisata yang dimiliki, didukung keunikan fauna yang dimiliki, yakni lutung, dapat mendukung destinasi wisatanya. Namun Putra memberikan catatan, kesadaran wisata dan komitmen masyarakat Muara Gembong dalam menjaga potensi wisata dan daerahnya perlu ditingkatkan.

 

“Saya mendapat laporan pantai yang begitu indah dan bersih itu sekarang banyak terkontaminasi sampah. Makanya harus ada komitmen yang besar dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama industri. Saya rasa sadar wisata bisa dibentuk. Mereka tinggal di sini dan mereka mencintai wilayah ini. Tapi memang kesadaran masyarakat agar mereka betul-betul secara swadaya untuk menjaga wilayah itu harus ditingkatkan,” analisa Putra saat mengikuti Kunjungan Kerja Reses Komisi X DPR RI ke Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Jumat (17/7/2020).

 

Politisi PDI-Perjuangan ini menambahkan, dalam mengembangkan potensi wisata Muara Gembong, tidak dapat hanya dilakukan oleh masyarakat, namun juga harus dibantu Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai leading sector pariwisata, juga harus melibatkan kementerian lain dalam pembangunan infrastrukturnya. Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) ini pun, sektor pariwisata harus dapat menyakinkan wisatawan nusantara untuk berwisata dengan new normal.

 

“Saat ini kita lagi membangkitkan ekonomi dan devisa. Yang pertama kita selamatkan adalah wisatawan nusantara. Dengan kita meyakinkan wisatawan nusantara, kita bisa menyakinkan wisatawan mancanegara. Apalagi wilayah Muara Gembong bisa dijangkau orang DKI Jakarta dan Jawa Barat, jadi menurut saya ini (memiliki) potensi (wisata). Dalam hal ini belum terlambat kita bekerja bersama membangkitkan pariwisata di Muara Gembong,” pesan legislator daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta I itu.

 

Sebelumnya, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Bekasi saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Bekasi mengatakan, sebagai daerah penyangga Ibu Kota Jakarta, Kabupaten Bekasi selalu mengimbangi kemajuan pembangunan Jakarta. “Potensi yang dimiliki Kecamatan Muara Gembong, di sisi utara ada bentangan laut sepanjang 72 mil, punya ekosistem mangrove yang bisa dikembangkan untuk wisata alam, dan faunanya unik. Ada lutung yang mungkin kalau kita tidak dilestarikan ke depannya bisa punah,” jelas Entah. (sf)

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote