loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Rabu, 22 Sep 2021

Bahas RUU Minol, Putra Cermati Usulan Rehabilitasi Pecandu Minol

Putra Nababan mengapresiasi berbagai usulan yang ada dalam RDP Baleg DPR RI dengan dengan Kapolri dan Dirjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan RI terkait penyusunan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol (Minol).
Bahas RUU Minol, Putra Cermati Usulan Rehabilitasi Pecandu Minol Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Putra Nababan dalam rapat yang berlangsung di Gedung Nusantara I, Kamis (16/9/2021). Foto: Tari/Man

Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Putra Nababan mengapresiasi berbagai usulan yang ada dalam Rapat Dengar Pendapat Baleg DPR RI dengan dengan Kepala Kepolisian Negara RI dan Dirjen Bea dan Cukai, Kementerian Keuangan RI terkait penyusunan RUU tentang Larangan Minuman Beralkohol (Minol).

"Saya concern kepada usulan terkait rehabilitasi medis dan sosial bagi konsumsi alkohol. Ini jadi masukan yang baik buat kita," tanggapnya dalam rapat yang berlangsung di Gedung Nusantara I, Kamis (16/9/2021).

Berkaca pada banyak negara maju, Putra memaparkan, rehabilitasi terhadap pecandu minol mendapat penanganan yang serius. Adapun di Indonesia saat ini akrab dengan program rehabilitasi terhadap pengguna narkoba, sementara tingkat ketergantungan konsumsi minol tak kalah tinggi dibandingkan barang terlarang tersebut. Maka menurut Putra perlu referensi dan masukan dalam konteks penanganan pecandu minol itu.

Di tengah usulan terhadap RUU yang mengatur minol, Putra juga menyadari masih ada perdebatan seputar penamaan calon regulasi itu apakah akan disebut larangan atau pengawasan. Selain itu penegakan aturan minol dinilai masih belum optimal sehingga perlu regulasi yang lebih mumpuni.

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote