loader

Please Wait ...

Elva Nurrul Prastiwi
| Selasa, 04 Agst 2020

Putra Bangga Keberanian Alih Usaha Warga Jadi Peternak Lele

Putra menemukan meski dampak Covid-19 telah menurunkan penghasilan harian mereka, tetapi mereka berani beralih usaha beternak lele.
Putra Bangga Keberanian Alih Usaha Warga Jadi Peternak Lele Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan saat berkunjung ke tambak lele warga Jaktim di Kecamatan Cakung dan Kecamatan Cipayung Jaktim, Senin (3/8). (Foto: gesuri.id/Elva Nurrul Prastiwi)

Jakarta, Gesuri.id - Anggota Komisi X DPR RI Putra Nababan mengungkapkan kebanggaannya atas keberanian dan semangat pantang menyerah dari warga di daerah pemilihannya Jakarta Timur yang berjuang melawan dampak Corona terhadap perekonomian mereka, dengan beralih dari pekerja harian lepas menjadi peternak lele. 

Memang tak banyak pilihan, lanjut Politisi PDI Perjuangan itu, di tengah pandemi Covid-19 yang masih mencengkeram ini, hanya dua yaitu menyerah atau berjuang. 

Faktanya, Putra menemukan meski terdampak Covid-19 yang telah menurunkan penghasilan harian mereka, tetapi sebaliknya mereka justru sanggup unjuk gigi beralih usaha dengan berternak lele untuk menambah pemasukan demi kelangsungan hidupnya.

"Dengan pandemi Covid-19 ini, banyak sektor yang tidak berjalan lancar usahanya. Tidak banyak yang bisa kita lakukan di tengah Covid-19 ini. Pilihan cuma dua menyerah atau berjuang," kata Putra saat berkunjung ke tambak lele warga Jaktim di Kecamatan Cakung dan Kecamatan Cipayung Jaktim, Senin (3/8).

Namun, Putra mengingatkan warga untuk tetap menyiapkan berbagai kemungkinan terburuk.

"Dalam dunia usaha kita perlu siap untuk kemungkinan yang terburuk. Mulai dari gagal panen, tidak ada yang mau beli hasil ternak sampai tingginya harga produksi yang tidak sesuai dengan nilai jual yang akhirnya merugi," ungkapnya.

Tercatat warga Jakarta Timur menjadi salah satu daerah dimana banyak warganya hidup di sektor informal seperti pekerja harian seperti pedagang, supir angkot, dan ojek online. 

Lebih lanjut Putra menceritakan perlahan tapi pasti para warga memanfaatkan lahan kosong di tengah perkotaan sehingga tak hanya untuk mempersiapkan kebutuhan sendiri, tetapi juga dapat menjual hasil panennya.

Putra menambahkan juga apresiasi kepada para peternak lele yang telah berinovasi dengan membuat pakan lele sendiri, sehingga bisa menekan biaya pakan sampai 30 persen.

Sementara itu, Subur sebagai koordinator Kelompok Tani Satu Tujuan mengucapkan terima kasih atas perhatian dan apresiasi Putra Nababan dengan melihat secara langsung tambak lelenya.

"Saya selaku perwakilan dari Kelompok Tani Satu Tujuan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Putra di sini. Terima kasih juga atas segala masukannya, itu akan menjadi catatan bagi kami," tandas mantan pengusaha suku cadang kendaraan motor ini.

Seperti diketahui, pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia termasuk Indonesia berdampak besar terhadap sektor ekonomi masyarakat terutama pelaku usaha. 

Khususnya setelah diberlakukannya pembatasan interaksi masyarakat yang sangat berdampak kepada penghasilan mereka sehari-hari.

Sumber: gesuri.id

QUOTE
quote
quote
quote
quote
quote